ANGGI MAULINA (10112906)
2KA05
1.
Proses
kegiatan seorang pimpinan yang harus dilakukan dengan mempergunakan cara
pemikiran ilmiah dan praktis untuk mencapai tujuan yang tetapkan melalui kerja
sama manusia dan pemanfaatan sumber daya dan waktu yang tersedia, disebut :
·
Perencanaan
2.
Suatu
cara bagaimana agar sumber-sumber daya yang diperlukan dapat dimanfaatkan
dengan setepat-tepatnya sehingga kegiatan menajemen dapat dilaksanakan, disebut
:
·
Metode
3.
Organisasi
sebagai alat untuk mencapai tujuan dapat dilihat sebagai wadah dan sebagai
proses, organisasi sebagai wadah akan bersifat :
·
sebagai wadah untuk berintegrasi, berelasi dan
berkomunikasi sekelompok orang yang saling bekerjasama untuk mencapai tujuan
tertentu, atau dengan kata lain organisasi sebagai wadah pelaksanaan
administrasi atau manajemen. Sifatnya STATIS.
4.
Organisasi
dapat dikatakan sekelompok manusia yang dipersatukan dalam suatu kerja sama
yang efisien untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan, hal ini organisasi
dapat dilihat dari segi :
·
Tata kerja.
· Visi dan misi
organisasi.
5.
Sekelompok
manusia yang dengan sengaja dipersatukan dalam suatu kerja sama yang efisien
untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan, disebut :
·
Orgnisasi
6.
Organisasi
dapat bersifat memberikan suatu kepastian dan ketentuan-ketentuan tentang
pelaksanaan hubungan kerja sama manusia, maka organisasibersifat :
·
Terstruktur/terstandarisasi
7.
Organisasi
dapat dilihat dari hubungan orang sebagai anggota, dari hubungan ini maka akan
muncul yang disebut :
·
Dinamika organisasi
dimana menuntut perhatian pengurus dan anggotanya. Dinamika organisasi yang
harus dikelola secara cerdas dan konstruktif ialah terletak pada konflik yang
sering timbul di suatu organisasi, karena dalam kenyataannya konflik tidak
selamanya bersifat destruktif akan tetapi akan mampu meningkatkan produktifitas
suatu organisasi apabila dapat di atasi dan dikelola dengan baik.
8.
Faktor-faktor
yang bersifat internal yang mempengaruhi sifat dinamis organisasi, adalah :
· Visi dan misi.
· Hubungan antar anggota organisasi.
· Tata kerja.
9.
Dengan
sifat dinamis, organisasi dapat melakukan perubahan dan perbaikan,
perubahan-perubahan tersebut menyangkut pada hal :
Organisasi mengalami perubahan karena organisasi
selalu menghadapi berbagai macam tantangan. Tantangan itu timbul sebagai akibat
pengaruh lingkungan (lingkungan organisasi). Yang dimaksud dengan lingkungan
organisasi adalah keseluruhan faktor yang mempengaruhi organisasi dan kegiatan
organisasi. Faktor faktor yang mempengaruhi organisasi tersebut adalah luas,
dan jumlahnya cukup banyak.
I. Faktor Intern
§ Perubahan
kebijakan pimpinan
§ Perubahan
tujuan
§ Pemekaran/perluasan
wilayah operasi organisasi
§ Volume
kegiatan yang bertambah banyak
§ Tingkat
pengetahuan dan keterampilan dari para anggota organisasi
§ Sikap
dan perilaku dari para anggota organisasi
§ Berbagai
macam ketentuan atau perarturan baru yang berlaku dalam organisasi
II. Faktor Ekstern
§ politik
§ hukum
§ kebudayaan
§ teknologi
§ sumber
alam
§ demografi
§ sosiologi
10.
Cara
bagaimana pelaksanaan kerja yang seefisien atas suatu tugas yang diperoleh
dengan mengingat segi-segi tujuan, peralatan, fasilitas, tenaga kerja, waktu,
ruang, jarak, biaya, disebut :
·
Tata
kerja dan membuat divisi-divisi yang dimana tiap anggota divisi mempunyai tugas
dan tanggung jawab masing-masing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar