JellyPages.com

Minggu, 19 April 2015

METODE ILMIAH

Metode ilmiah atau proses ilmiah merupakan proses keilmuan untuk memperoleh pengetahuan secara sistematis berdasarkanbukti fisik.Ilmuan melakukan pengamatan serta membentuk hipotesis dalam usahanya untuk menjelaskan fenomena alam.

Prediksi yang dibuat berdasarkan hipotesis tersebut diuji dengan melakukaneksperimen. Jika suatu hipotesis lolos uji berkali-kali, hipotesis tersebut dapat menjadi suatu teori ilmiah.
SIKAP ILMIAH 
1. Rasa Ingin Tahu
Rasa ingin tahu merupakan awal atau sebagai dasar untuk melakukan penelitian-penelitian demi mendapatkan sesuatu yang baru.

2. Jujur dalam melakukan penelitian
Seorang sainstis harus bersikap jujur, artinya selalu menerima kenyataan dari hasil penelitiannya dan tidak mengada-ada serta tidak boleh mengubah data hasil penelitiannya. 

3. Tekun
Tekun berarti tidak mudah putus asa. Dalam melakukan penelitian terhadap suatu masalah tidak boleh mudah putus asa. Seringkali dalam membuktikan suatu masalah, penelitian harus diulang-ulang untuk mendapatkan data yang akurat. Dengan data yang akurat maka kesimpulan yang didapat juga lebih
akurat.

4. Teliti
Teliti artinya bertindak hati-hati, tidak ceroboh. Dengan tindakan yang teliti dalam melakukan penelitian, akan mengurangi kesalahan-kesalahan sehingga menghasilkan data yang baik.

5. Objektif
Objektif artinya sesuai dengan fakta yang ada. Artinya, hasil penelitian tidak boleh dipengaruhi perasaan pribadi. Semua yang dikemukakan harus berdasarkan fakta yang diperoleh. Sikap objektif didukung dengan sikap terbuka artinya mau menerima pendapat yang benar dari orang lain.

6. Terbuka Menerima Pendapat Yang Benar
Artinya bahwa kita tidak boleh mengklaim diri kita yang paling benar atau paling hebat. Kalau ada pendapat lain yang lebih benar/tepat, kita harus menerimanya. 

KEGUNAAN METODE ILMIAH
Dengan adanya sikap dan metode ilmiah akan menghasilkan penemuan- penemuan yang berkualitas tinggi dan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan manusia. Beberapa kegunaan metode ilmiah dalam kehidupan manusia antara lain :
1. Membantu memecahkan permasalahan dengan penalaran dan pembuktian yang memuaskan.
2. Menguji hasil penelitian orang lain sehingga diperoleh kebenaran yang objektif.
3. Memecahkan atau menemukan jawaban rahasia alam yang sebelumnya masih teka teki. 

LANGKAH – LANGKAH METODE ILMIAH
Menurut Liam O’Donnell dalam bukunya yang berjudul Investigating the Scientific Method with Max Axiom, Langkah-langkah metode ilmiah adalah:
  • Mengajukan Pertanyaan
  • Mengumpulkan Informasi
  • Merumuskan Hipotesis
  • Merancang Eksperimen
  • Mengumpulkan Data
  • Analisis Data dan Buat Kesimpulan
  • Menyampaikan Hasil

  • Mengajukan Pertanyaan
Mengajukan pertanyaan adalah langkah pertama untuk melakukan metode ilmiah. Pertanyaan-pertanyaan tersebut biasanya didapatkan dari masalah yang dihadapi seorang ilmuan atau memang ilmuan itu sendiri yang mencarinya. Alhamdulillahnya di dunia ini diciptakan menjadi sarana ribuan masalah dan ribuan pertanyaan. Dari segudang pertanyaan tersebut carilah satu yang paling beruntung untuk dikerjakan. Ini adalah tips-tips nya:
  1. Pilihlah topik yang paling menarik menurut kamu
  2. Pilih pertanyaan terbuka, karena hanya pertanyaan terbuka lah yang bisa dijawab oleh pernyataan
  3. Jangan lupa perhatikan waktu dan biaya
Setelah mengajukan pertanyaan, yang selanjutnya harus dilakukan adalah Mengumpulkan Informasi
  • Mengumpulkan Informasi
Cara paling mudah untuk mengumpulkan informasi yaitu diperpustakaan. Dijaman sekarang kamu tinggal angkat kaki didepan laptop yang ada akses internet, semua informasi bisa didapatkan. Jangan lupa untuk mencatat sumber informasi yang kamu dpatkan, perhatikan tanggalnya, evaluasi sumbernya, dan telusuri dengan baik dari mana informasi tersebut berasal.
Mungkin pertanyaan  yang kita cari sudah pernah diteliti orang lain. Jangan pernah takut untuk mengulang penelitian yang sudah ada, Penelitian yang kamu cari masih bisa banyak mengajarkan tentang proses ilmiah.
  • Perumusan Hipotesis
Apa sih hipotesis itu? Kedengerannya seperti semacam dinosaurus mengerikan dari jaman purba.
Eittts, Hipotesis itu cuma prediksi-prediksi yang kamu buat berdasarkan bukti-bukti yang ada. Dengan pemahaman yang baik atas topik itu, membuat hipotesis tidak sampai perlu mengeluarkan keringat kok. Jangan khawatir akan kebenaran suatu hipotesis, karena tujuan penelitian ini untuk menunjukan apakah data yang didapat sejalan dengan hipotesis atau tidak.
  • Merancang Eksperimen
Mengetahui variabel adalah cara untuk merancang experimen. Variabel terdiri dari 3 macam yaitu:
  1. Variabel tetap adalah bagian bagian dalam penelitian yang besarnya selalu sama
  2. Variabel bebas adalah bagian yang bisa berubah-ubah untuk menguji hipotesis
  3. Variabel terikat adalah apa yang diukur sebagai perubahan variabel bebas
Perancangan ekseprimen biasa disebut prosedur. Banyak ilmuan merancang prosedurnya sendiri untuk melakukan eksperimennya.
  • Mengumpulkan Data
Mengumpulkan data bisa bermacam-macam caranya. Intinya mengumpulkan data itu adalah mendokumentasikan perjalanan penelitian kita.
  • Menganalisis data dan Membuat Kesimpulan
Setelah didapat, Data tersebut diolah menjadi kue adonan. Sehingga menghasilkan grafik atau chart, agar kita lebih mudah menganalisis penelitian tersebut. Setelah dianalisis, maka kita dengan mudah untuk mendapatkan kesimpulan. Sebelum melaporkan hasil kesimpulan, kita harus mengulangi penelitian hingga kita yakin akan hasil tersebut.
  • Menyampaikan Hasil
Menyampaikan Hasil bisa melalui presentasi yang berisikan tabel, data, grafik hasil penelitian, ringkasan proses eksperimen, dan laporan detail.
Hasil dari eksperimen bisa membuka teori baru. Apa itu teori? Teori menjelaskan mengapa suatu hal dapat terjadi.
Hasil dari eksperimen juga bisa menimbulkan pertanyaan-pertanyaan baru dan penelitian-penelitian baru.

Sampai saat ini, tidak ada siapapun yang tahu siapa penemu metode ilmiah, tapi banyak orang bahwa Francesco Redi adalah ilmuan pertama yang menjalani penelitian dengan step-step seperti metode ilmiah.

SUMBER :
https://www2.facebook.com/permalink.php?story_fbid=420460174663061&id=380746885301057
https://mhs.blog.ui.ac.id/laras.fadillah/2015/04/10/langkah-langkah-metode-ilmiah/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar