JellyPages.com

Kamis, 20 November 2014

KEKURANGAN DAN KELEBIHAN DRONE UNTUK SISTEM KEAMANAN LAUT INDONESIA

Drone adalah pesawat pengintai tak berawak yang dijalankan dengan pusat kendali di suatu tempat dengan menggunakan komputer atau juga remote control. Selain dapat dikendalikan, drone juga dapat disetting untuk dapat terbang sendiri (otomatis). Tentunya karena tidak memiliki awak, maka drone dilengkapi dengan kamera infra-red, Global Positioning Systems (GPS) dan sistem komputer yang terkoneksi dengan pusat kendalinya. Drone tidak hanya dapat terbang dengan waktu lama dan jauh saja, pesawat tanpa awak ini juga mampu untuk bermanuver serta terbang sangat tinggi untuk menghindari radar.

Kekurangan Drone untuk sistem keamanan laut Indonesia adalah karena drone merupakan teknologi tinggi maka diperlukan biaya yang besar untuk pembuatannya. Drone sebaiknya dibuat sendiri agar keamanannya terjaga, misalnya keamanan data. Dengan membuat teknologi ini sendiri maka dapat diketahui seluruh proses kerjanya.
Kelebihan drone untuk sistem keamanan laut Indonesia adalah Dengan memakai drone kapal-kapal asing penangkap ikan ilegal tidak mengetahui kehadiran drone. Memang, bisa saja ada radar di kapal pencuri ikan. Tapi, karena jangkauan drone sangat luas dan cepat maka antisipasi aparat keamanan lebih cepat bergerak daripada langkah kapal-kapal pencuri ikan. drone juga diandalkan untuk memantau pembakaran hutan dan pembalak liar.

SUMBER : http://www.merdeka.com/teknologi/apa-itu-drone-seperti-yang-dibicarakan-jokowi.html 
http://baranews.co/web/read/15844/jokowi.drone.untuk.menjaga.kekayaan.sumber.daya.alam.dan.keamanan.indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar